Thursday, May 25, 2017

5 Menu Praktis Untuk Sahur

Alhamdulillah, Ramadhan sudah tiba di depan mata. Semua umat Islam menyambut bulan suci ini dengan sukacita. Bagaimana tidak, pada bulan ini dosa-dosa diampuni, amal ibadah dilipatgandakan pahalanya, dan ada malam istimewa yang disebut Lailatul Qadar. Pada malam itu, ibadah kita nilainya seperti ibadah puluhan tahun!


Sudah menjadi kebiasaan di masyarakat kita, terutama para ibu yang menjadi koki keluarga, untuk menyambut Ramadhan dengan menyiapkan berbagai makanan untuk sahur dan berbuka. Makanan yang biasanya dibuat khusus saat momen Ramadhan adalah kolak, sup buah, kurma, dan sebagainya. Biasanya makanan tersebut disantap saat berbuka puasa. Sedangkan untuk sahur, saya sendiri biasanya hanya menghangatkan sisa menu berbuka kemarin sore atau menyajikan menu makanan yang praktis saja.

Yup, tidak perlu ribet untuk menyiapkan makanan sahur, yang penting nutrisi untuk tubuhnya terpenuhi dan bisa menjalani puasa dengan baik. Pengalaman tahun-tahun kemarin, saya pernah kesiangan karena kecapean dan tak sempat menyiapkan makan sahur untuk keluarga. Jadi, makanan sahur yang praktis memang pilihan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa menu sahur yang praktis, yang bisa kita siapkan untuk keluarga.

  1. Ayam goreng
menu praktis sahur
pixabay.com

Ayam yang sudah dibumbui bisa kita simpan di kulkas dan tinggal digoreng pada saat sahur. Biasanya, bahan dan bumbu yang saya gunakan untuk membuat ayam goreng adalah ayam, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, daun jeruk, dan garam. Bumbunya saya blender dan rebus bumbu tersebut bersama ayam yang sudah dipotong-potong sampai airnya menyusut. Jika ingin ditambahkan dengan bumbu serundeng, tinggal tambahkan kelapa parut ke rebusan ayam.

Setelah direbus sampai empuk, ayam bisa disimpan di wadah dan masukkan ke freezer. Pisahkan bumbu serundengnya. Bumbu serundengnya biasanya agak lama menggorengnya. Jadi, sebaiknya bumbu serundeng sudah digoreng terlebih dulu. Saat sahur, bumbu serundeng tinggal ditaburkan di atas ayam goreng. Jangan lupa, ayam yang sudah beku didiamkan dulu di suhu ruang saat akan digoreng supaya mencair. Misalnya, malam setelah shalat tarawih sempatkan untuk mengeluarkan ayam beku dari freezer untuk digoreng saat sahur.

  1. Sate ikan
menu praktis sahur

Sate ikan adalah pilihan menu untuk orang yang sedang diet ayam seperti dua anak saya. Jika ingin disantap saat sahur, saya harus membuatnya agak banyak agar bisa disimpan untuk makan sahur. Bahan dan bumbu yang saya gunakan adalah ikan, kelapa parut, bawang merah, bawang putih, serai, jahe, kunyit, terasi, garam, ketumbar, merica, lada, gula pasir, dan cabai jika suka.

Cara membuatnya dengan memisahan ikan dari durinya terlebih dulu. Kemudian daging ikan dicampur dengan kelapa parut dan bumbu yang sudah dihaluskan. Lalu, lilitkan adonan ikan pada batang serai atau lidi dan simpan dalam freezer. Jangan lupa untuk mengeluarkan ikan dari freezer dan mendiamkannya di suhu ruang sebelum digoreng atau dibakar.

  1. Omelet telur
menu sahur praktis

Kalau yang ini praktisnya pake banget. Omelet telur bisa diisi dengan berbagai bahan makanan yang kita suka seperti bakso, sosis, kornet, bahkan sayuran. Tinggal potong-potong bahan makanan yang kita suka dan campurkan dengan telur, lalu goreng deh dengan minyak sedikit saja. Pengalaman saya membuat omelet untuk bekal sekolah anak adalah dengan menambahkan bakso, parutan wortel, dan keju ke dalam adonan telur. Alhamdulillah, anak-anak saya suka!

  1. Nasi goreng
Jika ada sisa ayam goreng atau teri goreng saat beruka puasa, boleh deh disimpan untuk ditambahkan ke nasi goreng saat sahur. Tumislah bawang merah dan bawang putih sampai harum, lalu tambahkan ayam yang sudah disuwir-suwir atau teri goreng. Masukkan juga daun bawang atau sayuran yang ada di rumah seperti wortel atau kol yang sudah diiris tipis. Tambahkan nasi, garam, potongan cabai jika suka dan kecap manis. Aduk sampai rata dan masak sampai matang.

menu sahur praktis


  1. Sambel teri kacang
Sambel teri kacang juga bisa dibuat banyak dan disimpan untuk makan sahur, asal dimasak dengan cara kering. Saya belum sukses nih membuat sambel teri kacang kering. Jadi, saya biasanya membeli sambel teri kacang kering di toko online. Salah satu toko online yang menjual sambel teri kacang yaitu Shopee Indonesia. Harganya pun beragam sesuai ukuran kemasannya. Jadi, kita bisa pilih sesuai dengan banyaknya sambel teri kacang yang kita butuhkan dan dana yang ada. Kalau sedang buru-buru dan takut terlewat waktu sahur, tinggal siapkan nasi dan taburkan sambel teri kacang di atasnya. Makanan sahur tersaji dalam waktu sekejap!

menu sahur praktis
sukamemasak.com


Bagaimana dengan anda, menu sahur praktis seperti apa yang biasanya anda sajikan di rumah? Apapun menunya, jangan lupa untuk tetap menyempatkan diri makan sahur ya. Karena makan sahur itu penuh dengan keberkahan!

6 comments:

  1. aduh lihatnya enak ya Mbak. Aku masih kost nih, kalau sendirian suka pengen masak tapi kaya sedih dimakan sendiri haha

    ReplyDelete
  2. How about the practise menu for buka puasa for woman career hehehehe?

    ReplyDelete
  3. Menu praktisnya hanya buah dan biskuit, Mbak. Hihihi... tambah susu atau kopi :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...