Tuesday, March 7, 2017

Pisang Saus Karamel dan Jeniper



Beberapa hari yang lalu, orangtua dari kampung halaman di Kuningan mampir ke rumah. Mereka mau takjiyah ke rumah kakak ipar karena mamanya kakak ipar meninggal dunia. Sekalian, orangtua ingin lihat cucu dan mampir ke rumah sebelum sama-sama pergi takjiyah. Namanya orangtua, ada saja yang dibawa saat menengok cucu. Salah satunya bawa pisang hasil berkebun.

Kebetulan, pisang yang dibawa itu agak sepet rasanya. Jadi, saya cari cara agar rasa sepet pisangnya berkurang. Kan sayang aja kalau tidak dimakan, mubazir. Langsung kepikiran buat dikasih saus caramel aja biar praktis. Tapi pisangnya lebih dulu saya bakar. Setelah itu, saya panaskan minyak dan gula serta sedikit air. Lalu pisang digulingkan ke saus sampai semua permukaan pisang terbungkus saus. Nanti saus karamelnya akan mengeras sehingga ketika dimakan bukan saja rasa manis yang ada, namun juga renyah dari karamelnya.

pisang saus karamel dan jeniper


Anakku suka sih, terutama karena ada karamelnya yang renyah. Langsung tandas seketika. Alhamdulillah, pisangnya jadi tidak terbuang. 

Oh ya, karena kemarin siang udaranya cukup panas, minumnya yang bikin seger dengan Jeniper. Jeniper singkatan dari Jeruk Nipis Peras. Minuman produksi UKM ini banyak dijual di toko oleh-oleh khas Kuningan. Rasanya segar, manis dan asam. Tapi sekarang sudah ada toko yang menjualnya secara online juga. Jadi tak mesti ke Kuningan untuk membeli Jeniper.

Sebenarnya membuat jeniper sendiri juga cukup mudah kok. Cukup peras air jeruk nipis dan tambahkan air serta gula pasir. Kalau mau hangat, pakainya air hangat. Sebaliknya kalau ingin rasanya dingin menyegarkan, bisa ditambahkan es batu. Selamat mencoba!

3 comments:

  1. aaah...dirumah juga lagi banyak pisang mbaa...dibawain Bapak juga dari desa hihihii

    ReplyDelete
  2. Wah baru tahu ada jeniper. Kayaknya emang pas nih buat pisang makin lezat :)

    ReplyDelete
  3. Aku paing suka dengan Pisang, dengan berbagai Inovasi olahan emang menjadikan Pisang lebih Mantab ...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...