Tuesday, November 1, 2016

Menikmati Manfaat Java Sweet Dalam berbagai Hidangan

Palm sugar sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak zaman dulu sebagai pemanis alami, bahkan digunakan pula untuk bumbu masak. Manfaatnya juga dianggap lebih baik dibanding gula putih karena Indeks Glikemik (IG) nya rendah yaitu sekitar 35, ada juga yang mengatakan sekitar 54. Indeks Glikemik (IG) adalah angka yang menggambarkan dampak makanan tertentu terhadap peningkatan kadar gula darah seseorang. Kearifan lokal ini bisa jadi membawa manfaat kesehatan tersendiri, terutama untuk penderita diabetes.

Palm sugar  aman dikonsumsi penderita diabetes dengan tetap memperhatikan batasan. Walaupun angka IG gula merah dan gula putih berbeda, bukan berarti gula merah lantas dapat dikonsumsi dengan bebas. Ini karena kalori dan kandungan karbohidratnya hampir setara dengan gula putih, yaitu sekitar empat gram karbohidrat dan 15 kalori per sendok the (sumber: alodokter.com).

organic srystal coconut sugar javara

Terlebih lagi, kita harus telaah kembali manfaat palm sugar yang beredar di pasaran karena bisa saja sudah dicampur dengan gula tebu dan bahan lainnya yang bisa membuat indeks glikemiknya tinggi. Tapi, saya sekarang tak terlalu khawatir lagi karena menemukan palm sugar yang terbuat dari 100% nektar kelapa murni, yaitu gula kristal Java Sweet.

Java Sweet diproduksi atas kerjasama Javara, P3R (Pusat Pengembangan Produk Rakyat), dan LPPSLH (NGO local yang berbasis di Jawa Tengah) dan ribuan petani pohon kelapa. Karena terbuat dari nectar kelapa murni, Java Sweet memiliki kelebihan yaitu rendah glikemik, tanpa pengawet dan pewarna, tanpa perisa sintesis, bebas gluten dan transgenic, serta memiliki sertifikasi organic dari JAS, USDA Organik, Non-EU Agriculture, dan SNI.

Java Sweet sangat praktis karena berbentuk kristal sehingga saya tak perlu memotong atau menumbuk. Saya menggunakan gula Kristal Java Sweet untuk berbagai hidangan, diantaranya:

1. Pemanis pada minuman

Membuat kopi, teh, coklat, susu atau minuman lainnya bisa menggunakan Java Sweet sebagai pemanis. Sesendok atau setengah sendok Java Sweet sudah cukup bagi saya untuk membuat segelas minuman yang istimewa.

organic srystal coconut sugar javara
coklat hangat menggunakan setengah sendok gula kristal Java Sweet
 
2. Pemanis makanan 

Java Sweet bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kue. Tapi, karena saya tak punya oven dan ingin yang praktis, saya menggunakan Java Sweet untuk pemanis caramel pada popcorn. Kadang-kadang, saat weekend saya suka iseng membuat variasi berbagai makanan. Semua anggota keluarga biasanya berkumpul saat weekend,  jika tidak ada acara keluar rumah. Jadi saya harus menyediakan makanan yang cukup di rumah. Popcorn sangat pas untuk acara kumpul keluarga saat weekend sambil menonton acara televise pavorit.

Begini cara membuat popcorn lapis caramel ala saya:

  1. Panaskan mentega di panci dan masukkan popcorn.
  2. Goyang-goyang pancinya sampai popcorn loncat-loncat dan matang semua, sisihkan.
  3. Panaskan mentega di wajan dan masukkan gula Kristal Java Sweet, masak sampai menggumpal.
  4. Masukkan popcorn pada adonan caramel dan matikan api
Popcorn lapis caramel pun siap dinikmati bersama keluarga tercinta. 



Kadang-kadang, saya taburkan saja gula Kristal pada gorengan sehingga menambah cita rasa. Kebetulan di rumah ada kiriman uli dari mama mertua. Sebenarnya digoreng saja pun sudah enak. Namun, dengan ditabur sedikit saja gula Kristal Java Sweet, uli goreng makin kaya rasa: manis, asin, lembut di dalam, dan renyah dari kulit uli yang garing.

organic srystal coconut sugar javara


3. Bumbu masakan

Saya biasa menggunakan palm sugar pada beberapa masakan seperti sambal dan sayur asem.

4.Taburan pada dessert

Saya punya kenangan masa kecil tentang cara menikmati es tomat. Seorang saudara mengajari saya membuat es tomat saat kecil. Caranya, tomat dipotong-potong, diberi gula pasir dan sedikit air serta es batu. Jadi deh dessert es tomat. Kali ini saya membuatnya dengan taburan gula Kristal Java Sweet. Mmm, seger deh.

organic srystal coconut sugar javara

Recommended deh gula Kristal ini buat semua orang yang suka ubek-ubek dapur, buat yang ingin menyediakan pemanis yang praktis dan sehat. Kemasaanya juga cantik dengan toples plastik mungil yang bening.

Info selengkapnya tentan gula Kristal Java Sweet bisa mengunjungi website dan media sosial Javara berikut ini.

Facebook: Javara Indonesia
Instagram: @javaraindonesia




6 comments:

  1. Wahh klo organik pasti sehatnya ya. Jadi pengen..

    ReplyDelete
  2. Wah Es Tomat, saya suka bikin kyk gtu saat kecil. Sekarang sih doyannya jus hehehe :D

    Jadi java sweet ini palm sugar ya mbak?

    ReplyDelete
  3. Waaah aku tertarik pgn beli jdinya mbak.. tapi blm dijual bebas yaa.. ntr aku buka websitenya..

    Resep popcornnya jg kepngin dicobaa :D. Aku paling suka popcorn caramel

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...