Monday, May 29, 2017

5 Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Hal yang paling dinanti oleh umat Islam yang sedang berpuasa adalah waktu berbuka puasa. Pada saat itu, mereka bergembira karena sudah bisa menahan diri dari hawa nafsu sampai waktu yang ditentukan. Kegembiraan ini disinggung oleh Rasulullah Muhammad SAW dalam salah satu hadistnya yang berbunyi:

Thursday, May 25, 2017

5 Menu Praktis Untuk Sahur

Alhamdulillah, Ramadhan sudah tiba di depan mata. Semua umat Islam menyambut bulan suci ini dengan sukacita. Bagaimana tidak, pada bulan ini dosa-dosa diampuni, amal ibadah dilipatgandakan pahalanya, dan ada malam istimewa yang disebut Lailatul Qadar. Pada malam itu, ibadah kita nilainya seperti ibadah puluhan tahun!

Sunday, May 21, 2017

Sate Ikan Tongkol

Menjadi ‘tukang masak’ di rumah, tentunya saya harus kreatif. Apalagi kalau di rumah lagi ada yang diet makanan tertentu, makin harus kreatif cari menu pengganti. Seperti anak-anak saya yang disarankan dokter untuk diet ayam karena minus matanya yang tinggi. Mungkin lemak ayam empengaruhi terhambatnya nutrisi ke mata. Memang sih, dulu sebelum melakukan diet anak-anak sering banget makan ayam. Sekarang, terpaksa deh makan ayamnya sesekali saja.

Monday, April 17, 2017

Antara Cokelat dan Teh


Diantara cokelat dan teh, manakah yang anda suka? Diantara keduanya, cokelat yang paling suka tapi jarang beli karena harganya yang cukup mahal. Umumnya orang menyukai cokelat karena manfaat yang dirasakannya, terutama cokelat hitam yang kandungan kakaonya lebih besar.

Thursday, April 6, 2017

Tiga Hari Membuat Bento


“Kak, mau nggak kalau bekalnya dibuat bento seperti ini?”
“Waa, mau banget mi!”
“Kakak pengen bentonya bentuk apa?”
“Mm apa ya..bola thunderball ya!”
“Kalau Aisa maunya bentuk love ya mi!”

Itulah kira—kira percakapan saya dengan dua anak saya beberapa hari lalu saat saya memperlihatkan foto—foto bekal makanan yang dihias ala bento. Mereka senang melihatnya dan minta dibuatkan seperti dalam foto. Selama ini memang bekal makanan mereka saya buat sekadarnya saja tanpa dihias.  Saya pun lalu menantang diri sendiri untuk membuat bento selama minimal tiga hari berturut—turut.

Wednesday, March 29, 2017

Tumis Bihun Kunyit

Pekerjaan ibu-ibu tiap hari pasti memikirkan akan masak apa hari ini. Ayo ngakuu, bener kan? Ini sih saya sebenarnya. Gak pinter masak, tapi harus memasak dengan dana dan waktu yang ada apapun caranya.

Sekarang saya suka jalan-jalan ke sajiansedap.com untuk cari inspirasi memasak. Nah, kemarin itu dapat ide masak tumis bihun kunyit dari website ini. Mungkin gak persis sama karena saya menyesuaikan bahannya dengan yang ada di rumah. Ini dia tumis bihun kunyit ala saya.

Monday, March 20, 2017

Membuat Bawang Hitam Sendiri di Rumah

Bawang hitam? Memangnya ada? Ya, ada. Bawang hitam merupakan bawang putih yang sudah melalui proses pemanasan sehingga warnanya menjadi hitam. Bawang putih mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Secara umum, manfaatnya untuk mengurangi peradangan (mengurangi risiko osteoarthritis), meningkatkan fungsi kekebalan tubuh (antibakteri, antijamur, antivirus, dan sifat antiparasit), meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi (melindungi terhadap pembekuan, menghambat plak, meningkatkan lipid, dan mengurangi tekanan darah), serta beracun untuk 14 jenis sel kanker (termasuk otak, paru-paru, payudara, dan pankreas). Kita bisa googling di website-website kesehatan tentang manfaat bawang putih yang sudah diteliti secara ilmiah.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...