Sunday, September 25, 2016

Inspirasi Resep Daging Sapi

Alhamdulillah, tahun ini saya bisa berkurban dari rejeki yang tak disangka, bahkan berdua sama suami. Allah Maha Kaya. Biasanya hanya salah satu anggota keluarga saja yang berkurban, bergantian.

Saya berkurban di kampung halaman. Saat orangtua mengirimkan beberapa bungkus daging sapi jatah orang berkurban, saya pun mengucap Alhamdulillah sambil bingung mau diapain saja daging sapi sebanyak itu. Untungnya saja, kata amih (panggilan untuk ibu saya), daging bisa bertahan sampai 3 bulanan di freezer.

Sebagian daging saya berikan sama saudara dan teman. Sebagiannya lagi saya simpan untuk persedian di rumah. Seperti biasa, saya harus memutar menu dan memutar otak agar menu yang disajikan di rumah tidak membosankan walau dengan bahan yang sama. Berikut ini adalah beberapa menu yang coba saya buat dari daging sapi.

Wednesday, June 22, 2016

Membuat Sandwich Untuk Anak Dengan KEWPIE Olesan Sandwich

Roti adalah makanan yang seringkali tersaji di setiap rumah, baik sebagai camilan maupun pengganti nasi. Saya biasanya menyediakan roti di rumah karena cukup praktis untuk disajikan. Tinggal oles-oles saja, lalu makan. Biasanya saya menyediakan roti untuk sarapan atau  bekal sekolah anak.

Di bulan Ramadan ini, saya menyediakan roti untuk camilan anak atau pengganti nasi karena anak saya yang kecil masih belajar puasa. Sebelum tengah hari, dia biasanya sudah merengek ingin berbuka puasa. Karena semua orang berpuasa, otomatis di rumah biasanya tak ada makanan matang karena saya belum masak. Jadi, menyiapkan roti adalah hal yang saya lakukan untuk mengatasi rasa lapar anak saya.

Saya juga tak lupa menyiapkan olesan rotinya yaitu KEWPIE olesan sandwich original. Kewpie sangat praktis digunakan, tinggal oles saja di roti lalu tambahkan sayur atau telur atau isian lainnya yang kita suka. Karena di rumah adanya telur dan tomat, saya membuat sandwich isi telur dan tomat setelah sebelumnya diolesi KEWPIE. Berikut adalah resep sandwhich telur ala saya.

Thursday, June 9, 2016

Menikmati Aneka Tempura Di Rumah, Bisa Kok!

Selain ayam goreng, anak-anak saya suka sekali makan udang goreng. Biasanya, udang saya oleh dengan digoreng memakai tepung. Tepung yang saya pakai biasanya tepung apa saja yang ada di rumah, tepung serbaguna instan atau tepung terigu yang dicampur dengan berbagai bumbu.

Tempura adalah jenis makanan yang baru saya dengar beberapa tahun ini setelah berbagai restoran asal Jepang menajmur di Indonesia. Menurut Wikipedia, tempura bukan dari Jepang. Awal mula makanan yang dicelup ke tepung berasal dperkenalkan oleh misionaris Katolik pada abad ke-16. Kata “tempura” berasal dari kebiasaan misionaris Portugis memakan makanan laut pada masa pra paskah. Dalam bahasa Portugis, temporas berarti masa suci dan tempera berarti bumbu dapur. Di zama Edo, tempura merupakan makanan rakyat yang dikenal murah di Jepang. namun tempura yang digoreng dengan minyak mahal seperti minyak wijen merupakan sajian mahal di restoran di Jepang.

Tuesday, June 7, 2016

Rahasia Membuat Ayam Goreng Serenyah Ayam Kentucky

"Nak ayam goreng..nak ayam goreng..."

Ingat nggak, siapa yang suka mengatakan kalimat itu? Yup, si kembar Upin dan Ipin yang sempat jadi tontonan favorit anak saya yang besar. Sekarang dia emang sudah gak terlalu banyak menonton kartun Upin dan Ipin, malah adiknya yang sesekali suka menonton Upin dan Ipin. Tapi, meski begitu si sulung selalu ingat kalau Upin dan Ipin suka sekali ayam goreng dan setiap ayam goreng disajikan pasti mereka meneriakkan kalimat di atas.

Dua anak saya juga suka sekali semua olahan ayam termasuk ayam goreng. Apalagi kalau ayam yang dibalut tepung seperti di restoran fast food, mereka bisa nambah makan berkali-kali.

Untuk memperluas wawasan memasak, saya ikut cooking class yang diadakan Sriboga EasyMix di Sriboga Customer Centre, Plaza Bisnis Kemang pada 2 Juni lalu. Salah satu resep yang dibuat oleh peserta cooking class dengan panduan chef Citra adalah Crispy Chicken Burger, atau burger dengan isian ayam goreng yang renyah. Berikut saya share resep Crispy Chicken Burger ala Sriboga EasyMix.

Sunday, June 5, 2016

Tiga Menu Dari Pisang Untuk Buka Puasa

Di masyarakat kita sudah terbiasa berbuka puasa dengan yang manis. Mungkin karena dalam beberapa hadist dianjurkan berbuka dengan kurma. Rasa kurma yang manis bisa menguatkan tubuh sehingga orang beranggapan berbuka diharuskan dengan yang manis. Padahal hal tersebut tidak wajib, karena Rasulullah sendiri hanya berbuka puasa dengan air ketika tidak ada kurma seperti dikatakan hadist berikut.

Biasanya Rasulullah SAW berbuka puasa dengan ruthab sebelum shalat (Maghrib), Jika tidak ada ruthab (kurma muda) maka dengan tamr (kurma matang). Jika tidak ada tamr, maka beliau menguk beberapa teguk air.” (Hadist Riwayat Abu Daud No. 2356)

Saya sekeluarga sendiri paling suka berbuka puasa dengan buah-buahan dan diolah dengan berbagai resep yang berbeda setiap hari agar tidak bosan. Salah satu buah kesukaan kami sekeluarga adalah pisang. Bulan puasa atau bukan, pisang kadang-kadang ada di meja makan untuk camilan sehat sekeluarga.

Thursday, March 31, 2016

Roti Bakar Isi Telur dan Bawang Putih

resep roti bakar

Setiap kali melihat resep roti bakar (atau bahasa kerennya toast kali ya) di channel youtube, saya tuh suka ngiler banget. Kok kayanya enaaak banget ya, kulit roti garing di luar dan lembut di dalam. Terus suatu waktu saya coba bikin toast yang sebelum dipanggang, direndam dulu di cairan susu dan telur. Tapi kok, mmhh...bau telur ya setelah jadi. Saya tak terlalu suka toast yang seperti ini, di rumah juga gak laku, gak ada yang makan karena bau telurnya itu. 

Tapi saya selalu penasaran terus gimana bikin roti bakar yang enak, yang isinya macam-macam sesuai bahan yang ada. Akhirnya saya coba-coba menggabungkan resep-resep yang saya lihat di youtube. Tapi tentu saja tanpa direndam di cairan susu dan telur. Dan..inilah resep roti bakar ala saya dengan isian telur dan bawang putih.

Sunday, March 27, 2016

Resep Cilok Sederhana

 resep cilok

Akhir pekan di rumah saya, harus siap sedia makanan yang banyak karena semua anggota keluarga berkumpul. Biasanya kalau tidak ada acara, ya diem aja di rumah. Ada yang nonton, main gadget, baca komik, atau main-main berantakin rumah sepuasnya. Apalagi pas tanggal tua seperti hari Sabtu dan Minggu kemarin. Sudah deh, lebih baik di rumah. Mau jalan-jalan juga gak ada uangnya hehe.

Biasanya saya suka coba-coba resep baru kalau akhir pekan. Itu pun kalau berani. Saya suka takut gagal kalau coba ini itu dan akhirnya jadi mubazir tidak termakan. Tapi akhir pekan kemarin tiba-tiba sajaa terpikir ingin bikin cilok karena terinspirasi setelah mencicipi cilok buatan guru ngajinya anak saya. Alhamdulillah, punya guru ngaji yang baik, suka mentraktir anak-anak didiknya makanan. Salah satunya cilok. Kata guru ngaji anak  saya, dulu waktu dia di pesantren suka buat cilok dengan teman-temannya. Selain murah, cilok juga mengenyangkan. 

Dan..inilah cilok pertama buatan saya..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...