Wednesday, November 2, 2016

Bekal Sekolah Yang Praktis, ya Fiesta Sarden


Bagi saya, penting banget menyediakan makanan yang praktis di kulkas, yang tidak terlalu ribet penyajiannya. Biasanya sih untuk keperluan sarapan di pagi hari yang sibuk. Sebisa mungkin semua orang di rumah harus sarpan sebelum berangkat kerja dan sekolah. Telur adalah andalan saya karena murah dan cepat penyajiannya. Telur hampir selalu ada di kulkas karena bisa digunakan juga untuk berbagai macam penyajian hidangan.

Tapi, seringkali jadi bosan juga kalau tiap pagi sarapan telur dadar atau ceplok. Jadi, sekarang saya gonta-ganti menu praktis. Sekarang saya lagi mencoba sarden dari Fiesta Seafood. Praktis banget sih menurut saya. Tinggal buka kalengnya, lalu hangatkan di wajan dengan api kecil. Kemasan kalengnya sudah ada pengait untuk membuka jadi tak perlu misah-misuh menggunakan pisau untuk membuka kaleng sarden.

Tuesday, November 1, 2016

Menikmati Manfaat Java Sweet Dalam berbagai Hidangan

Palm sugar sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak zaman dulu sebagai pemanis alami, bahkan digunakan pula untuk bumbu masak. Manfaatnya juga dianggap lebih baik dibanding gula putih karena Indeks Glikemik (IG) nya rendah yaitu sekitar 35, ada juga yang mengatakan sekitar 54. Indeks Glikemik (IG) adalah angka yang menggambarkan dampak makanan tertentu terhadap peningkatan kadar gula darah seseorang. Kearifan lokal ini bisa jadi membawa manfaat kesehatan tersendiri, terutama untuk penderita diabetes.

Palm sugar  aman dikonsumsi penderita diabetes dengan tetap memperhatikan batasan. Walaupun angka IG gula merah dan gula putih berbeda, bukan berarti gula merah lantas dapat dikonsumsi dengan bebas. Ini karena kalori dan kandungan karbohidratnya hampir setara dengan gula putih, yaitu sekitar empat gram karbohidrat dan 15 kalori per sendok the (sumber: alodokter.com).

Sunday, October 23, 2016

Resep Terong Balado

Terong Balado ini salah satu menu pavorit di rumah. Kalau suami saya belanja ke pasar sendiri, tak jarang ia membawa terong mentah sebagai oleh-oleh. Saya memang menyerahkan semua sama suami kalau ia belanja ke pasar, terserah beliau mau belanja apa. Kalau beliau ke rumah bawa pulang terong, berarti ya memang harus masak terong hehe.

Resep terong balado sebenarnya pernah saya publish di blog ini. Tapi resep terong balado yang saya buat kemarin sedikit berbeda karena buumbunya tidak selengkap resep sebelumnya. Tapi, rasanya tetap enak kok, apalagi dimakan dengan nasi hangat akan semakin nikmat. 

Sunday, September 25, 2016

Inspirasi Resep Daging Sapi

Alhamdulillah, tahun ini saya bisa berkurban dari rejeki yang tak disangka, bahkan berdua sama suami. Allah Maha Kaya. Biasanya hanya salah satu anggota keluarga saja yang berkurban, bergantian.

Saya berkurban di kampung halaman. Saat orangtua mengirimkan beberapa bungkus daging sapi jatah orang berkurban, saya pun mengucap Alhamdulillah sambil bingung mau diapain saja daging sapi sebanyak itu. Untungnya saja, kata amih (panggilan untuk ibu saya), daging bisa bertahan sampai 3 bulanan di freezer.

Sebagian daging saya berikan sama saudara dan teman. Sebagiannya lagi saya simpan untuk persedian di rumah. Seperti biasa, saya harus memutar menu dan memutar otak agar menu yang disajikan di rumah tidak membosankan walau dengan bahan yang sama. Berikut ini adalah beberapa menu yang coba saya buat dari daging sapi.

Wednesday, June 22, 2016

Membuat Sandwich Untuk Anak Dengan KEWPIE Olesan Sandwich

Roti adalah makanan yang seringkali tersaji di setiap rumah, baik sebagai camilan maupun pengganti nasi. Saya biasanya menyediakan roti di rumah karena cukup praktis untuk disajikan. Tinggal oles-oles saja, lalu makan. Biasanya saya menyediakan roti untuk sarapan atau  bekal sekolah anak.

Di bulan Ramadan ini, saya menyediakan roti untuk camilan anak atau pengganti nasi karena anak saya yang kecil masih belajar puasa. Sebelum tengah hari, dia biasanya sudah merengek ingin berbuka puasa. Karena semua orang berpuasa, otomatis di rumah biasanya tak ada makanan matang karena saya belum masak. Jadi, menyiapkan roti adalah hal yang saya lakukan untuk mengatasi rasa lapar anak saya.

Saya juga tak lupa menyiapkan olesan rotinya yaitu KEWPIE olesan sandwich original. Kewpie sangat praktis digunakan, tinggal oles saja di roti lalu tambahkan sayur atau telur atau isian lainnya yang kita suka. Karena di rumah adanya telur dan tomat, saya membuat sandwich isi telur dan tomat setelah sebelumnya diolesi KEWPIE. Berikut adalah resep sandwhich telur ala saya.

Thursday, June 9, 2016

Menikmati Aneka Tempura Di Rumah, Bisa Kok!

Selain ayam goreng, anak-anak saya suka sekali makan udang goreng. Biasanya, udang saya oleh dengan digoreng memakai tepung. Tepung yang saya pakai biasanya tepung apa saja yang ada di rumah, tepung serbaguna instan atau tepung terigu yang dicampur dengan berbagai bumbu.

Tempura adalah jenis makanan yang baru saya dengar beberapa tahun ini setelah berbagai restoran asal Jepang menajmur di Indonesia. Menurut Wikipedia, tempura bukan dari Jepang. Awal mula makanan yang dicelup ke tepung berasal dperkenalkan oleh misionaris Katolik pada abad ke-16. Kata “tempura” berasal dari kebiasaan misionaris Portugis memakan makanan laut pada masa pra paskah. Dalam bahasa Portugis, temporas berarti masa suci dan tempera berarti bumbu dapur. Di zama Edo, tempura merupakan makanan rakyat yang dikenal murah di Jepang. namun tempura yang digoreng dengan minyak mahal seperti minyak wijen merupakan sajian mahal di restoran di Jepang.

Tuesday, June 7, 2016

Rahasia Membuat Ayam Goreng Serenyah Ayam Kentucky

"Nak ayam goreng..nak ayam goreng..."

Ingat nggak, siapa yang suka mengatakan kalimat itu? Yup, si kembar Upin dan Ipin yang sempat jadi tontonan favorit anak saya yang besar. Sekarang dia emang sudah gak terlalu banyak menonton kartun Upin dan Ipin, malah adiknya yang sesekali suka menonton Upin dan Ipin. Tapi, meski begitu si sulung selalu ingat kalau Upin dan Ipin suka sekali ayam goreng dan setiap ayam goreng disajikan pasti mereka meneriakkan kalimat di atas.

Dua anak saya juga suka sekali semua olahan ayam termasuk ayam goreng. Apalagi kalau ayam yang dibalut tepung seperti di restoran fast food, mereka bisa nambah makan berkali-kali.

Untuk memperluas wawasan memasak, saya ikut cooking class yang diadakan Sriboga EasyMix di Sriboga Customer Centre, Plaza Bisnis Kemang pada 2 Juni lalu. Salah satu resep yang dibuat oleh peserta cooking class dengan panduan chef Citra adalah Crispy Chicken Burger, atau burger dengan isian ayam goreng yang renyah. Berikut saya share resep Crispy Chicken Burger ala Sriboga EasyMix.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...